Rabu, 29 Juli 2015

GEMPA 6,3 SR GEMPARKAN PENDUDUK KABUPATEN MALANG

GEMPA 6,3 SR GEMPARKAN PENDUDUK

 KABUPATEN MALANG



Gempa bumi dengan kekuatan 6,3 Scala Richter sudah mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur jam 14. 05 WIB pada Minggu siang.
Gempa yang tengah terjadi di Malang Jawa Timur membuat seluruh warga sekitar panik, terlebih yang berada di Kabupaten Malang, kemudian Malang Raya, Kota Malang, ataupun Kota Batu. Dikarenakan getaran yang terjadi cukup keras menjadikan warga pun berhamburan keluar dari rumahnya. Menurut situs resmi BMKG, kejadian gempa bumi berlokasi pada 9,57 LS dan 113,64 BT atau 150 kilomter barat daya Kabupaten Malang Jawa Timur.
Gempa bumi yang mengguncang Malang tercatat memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer dibawah Samudera Hindia. Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Malang pun menyampaikan pula bahwa gempa pertama terjadi sekitar pukul 14.05 WIB. Kemudian terjadi lagi gempa susulan pada jam 15.15 pada pusat yang memiliki lokasi sama dengan gempa pertamanya. Akan tetapi gempa susulan yang terjadi, tercatat tidak lebih dahsyat dibanding gempa awal.
Sampai dengan saat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Malang masih tengah melakukan pemeriksaan setelah terjadinya gempa. Sampai dengan saat ini belum terdapat laporan akan adanya kerusakan bangunan ataupun terdapatnya korban jiwa. Namun, Kepala BPBD Kabupaten Malang Jawa Timur pun menghimbau kepada warga sekitar yang mengalami dampak terjadinya gempa untuk selalu waspada akan terjadinya gempa susulan.

Goncangan yang ditimbulkan oleh Gempa Bumi pada hari Minggu kemarin di Kabupaten Malang Jawa Timur tidak hanya dirasakan oleh warga Malang saja. Sejumlah daerah pun ikut merasakan terjadinya goncangan. Daerah tersebut antara lain seperti Yogyakarta, Madiun, Jember, Blitar, Trenggalek, Sidoarjo, Surabaya, Banyuwangi, sampai dengan Denpasar – Bali.

0 komentar:

Posting Komentar