Sabtu, 29 Agustus 2015

KERAJINAN SANDAL RUMAHAN TOYOMARTO


Sebuah produksi sandal rumahan yang terletak di daerah Toyomarto Ngujung RT 8 RW 2 ini sudah dimulai sejak tahun 1990-an dan sudah memproduksi berbagai macam sandal yang menarik antara lain sandal spons, sandal anak-anak, dan sandal hotel. Produksi sandal ini sudah mencapai pasar besar Malang hingga ke Banyuwangi dan sudah ada Hotel yang menetap memesan sandal hotel sebesar 1000 pasang perbulan yaitu Hotel Bromo Cemara Indah.


Bahan-bahan yang dibuat untuk memproduksi sandal didapatkan dari toko-toko yang menjual spons sandal dan dari para pengepul. Meskipun Industri rumahan ini memiliki kendala karyawan yang tidak mencukupi namun tetap bisa memproduksi sandal yang banyak dan berbagai macam model. Harga yang ditetapkan cukup murah jika membeli langsung di tempat ini.



Sandal yang paling laris untuk saat ini ya sandal Macanan (spons)”. Ujar Bapak Muhammad Sualiman yang memiliki Industri sandal rumahan tersebut. Untuk perbulannya produksi sandal anak-anak bisa mencapai hingga 600 pasang. Jika ingin memborong sandal di Industri Bapak Muhammad Sulaiman ini harganya cukup murah. Para pelanggan mengaku puas dengan sandal yang diproduksi karena kualitasnya yang baik dan kuat karena sandal ini di jahit bukan hanya di lem saja.





0 komentar:

Posting Komentar