Selasa, 04 Agustus 2015

ANGKUTAN PENUMPANG BODONG DIRAZIA

ANGKUTAN PENUMPANG BODONG DIRAZIA

PAKIS, MALANGRAYA.info – Angkutan penumpang di Kabupaten Malang, khususnya di wilayah Malang Timur di sinyalir banyak yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Untuk melakukan penertiban angkutan yang nakal itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Malang akan menggandeng Polres Malang. Penertiban akan dilakukan dengan menggelar operasi bersama.

Operasi atau razia yang dilakukan petugas kepolisian lebih kepada kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor. Dalam penertiban yang dilakukan Dishubkominfo lebih kepada kelayakan dan keselamatan kendaraan.

Penertiban yang dilakukan nantinya lebih kepada kelayakan kendaraan dan keselamatan penumpang. Dari mana kelayakan itu diketahui, tentunya dari tanda lulus uji KIR. Jika diketahui tidak memiliki, maka akan langsung diarahkan untuk ditilang,” kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishubkominfo Kabupaten Malang, Untung Sudarto kepada Malang Post, kemarin.

Selain mengenai kalayakan kendaraan, tambah Untung, hal lain yang perlu dilihat juga pada kelengkapan administrasi. Seluruh angkutan yang beroperasi di Kabupaten Malang harus mengantongi surat izin usaha atau trayek.
Kalau tidak memiliki trayek, maka ya sama, yakni akan diarahkan untuk tilang dan mengikuti sidang,” tambahnya.
Disinggung sasaran mengenai penertiban, Untung menjelaskan, untuk sementara akan dikonsentrasikan di wilayah Malang Timur. Sasarannya, yakni sejumlah angkutan umum atau pedesaan yang melintasi jalan raya.
Untuk penertibannya, staf dibantu petugas kepolisian menghentikan kendaraan angkutan yang melintas di jalan utama. Jadi, bukan dengan jalan mendatangi satu persatu terminal di wilayah Malang Timur. Itulah mengapa, dalam penertiban tersebut melibatkan kepolisian. Karena yang memiliki wewenang penuh adalah petugas kepolisian. Sementara untuk kendaraan non pribadi, tentu bukan menjadi bagian dari Dishubkominfo,” tambah Untung

Berita Dikutip Dari : http://www.malangraya.info/2013/05/23/102700/7577/angkutan-penumpang-bodong-dirazia/

0 komentar:

Posting Komentar