Sabtu, 29 Agustus 2015

SUDAH DIBERI 10.000 LITER, WARGA SUMBERBENDO MINTA TAMBAHAN AIR BERSIH

MALANGTIMES - Palang Merah Indonesia (PMI) Malang sudah mendistribusikan 10.000 liter air bersih kepada warga Dusun Sumberbendo. Namun, distribusi sebanyak itu masih belum memenuhi seluruh kebutuhan warga Dusun Sumberbendo, Desa Kucur, Kabupaten Malang.

Kepala Dusun Sumberbendo Juma'in menjelaskan, ada 258 rumah, terdiri dari 330 lebih Kepala Keluarga, 1.056 warga yang membutuhkan air bersih. Menurutnya, dibutuhkan lebih dari 10.000 liter air bersih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga.

"10.000 liter air bersih hanya cukup digunakan sebagian warga yang dekat dengan tandon air, sedangkan warga lainnya masih belum menerima air," keluh Juma'in.

Tidak hanya mengeluhkan besarnya pasokan air yang telah didistribusikan PMI Kabupaten Malang, Juma'in juga mengkhawatirkan, jika perbaikan kerusakan pipa saluran air di area mata air Bukit Sumberbendo membutuhkan kerja ekstra dan dana banyak.

"Tidak hanya dana, butuh kerja keras untuk memperbaiki kembali kerusakan pipa saluran air, karena medannya sulit dijangkau, bertebing tinggi dan mudah longsor," imbuh Juma'in.

Ia menambahkan, tidak mudah memperbaiki kerusakan pipa di mata air Bukit Sumberbendo, apalagi dilakukan di musim kemarau, rawan longsor dan mudah terbakar, bisa mengancam keselamatan warga. Ia juga sudah mengajukan proposal perbaikan pipa kepada Pemerintah Kabupaten Malang, melalui Camat Dau, Eru Suprijanbodo.

"Kami sudah mengajukan bantuan dana sebesar Rp125 juta, digunakan untuk perbaikan pipa sepanjang 5 kilometer dan ongkos pekerja," ucap Juma'in. (*)

1 komentar: