Rabu, 05 Agustus 2015

MOS AJARKAN KEPEKAAN DAN KEPEDULIAN SOSIAL

MOS AJARKAN KEPEKAAN DAN KEPEDULIAN SOSIAL

SINGOSARI - Masa Orientasi Siswa (MOS) banyak digelar di sekolah-sekolah. Salah satunya juga digelar di SMKN 1 Singosari, selama lima hari. Kemarin, Bupati Malang H. Rendra Kresna menutup MOS SMKN 1 Singosari di Lapangan Desa Lang-Lang, Kecamatan Singosari.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini mengapresiasi penyelenggaraan MOS yang juga sekaligus diadakan bakti sosial (Baksos). “Melalui kegiatan sosial ini, menumbuhkan rasa kepedulian dari para peserta didik, terhadap kalangan yang tidak mampu,” ujarnya Rendra kepada Malang Post, kemarin.


Dijelaskannya, kepekaan dan kepedulian sosial perlu ditumbuhkan terhadap generasi pemuda dan peserta didik. Hal itu yang menjadi penting, karena jiwa sosial harus tertanam sejak dini, utamanya terhadap kalangan yang tidak mampu.



Jiwa sosial juga patut dijunjung tinggi oleh para peserta didik. Apalah artinya memiliki ilmu yang tinggi, tanpa memiliki jiwa sosial,” tutur Bung Rendra sapaan akrabnya.


Setelah menutup kegiatan MOS itu, Bung Rendra menuju ke aula SMKN 1 Singosari untuk melakukan pembinaan terhadap anggota Korpri Kabupaten Malang.Kepala SMKN 1 Singosari S.Pd, M.Pd. menambahkan, tahun ini pihaknya telah menerima sebanyak 720 siswa baru. Tahun ajaran sebelumnya, sekolah yang dikenal dengan perakitan mobil Digdaya ini, menerima 671 siswa baru.

Alhamdulillah dari tahun ke tahunnya, mengalami peningkatan jumlah siswa baru. Kami juga terus berupaya mencetak generasi berkualitas dengan pendidikan Madep Manteb,” ungkapnya. Rangkaian MOS yang dilakukan SMKN 1 Singosari, dikatakannya selalu ditutup dengan pemberian santunan kepada kaum dhuafa.

Tujuannya, kata dia, untuk memupuk kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitarnya. Bantuan sebanyak 621 paket berisi sembako untuk kaum dhuafa diberikan kepada warga lima dusun di Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis yang tidak mampu.

Santunan yang diberikan berupa satu paket berisi bahan pokok, diantaranya beras, gula dan minyak goreng,” ujarnya. Selain itu, MOS juga diisi kegiatan kedispilinan, dan latihan tanggap bencana. Saat ini, kata dia, SMKN 1 Singosari juga telah memiliki mobil tanggap bencana yang siap dipergunakan bila sewaktu-waktu terjadi bencana. (big/aim)

Berita Dikutip Dari : http://www.malang-post.com/malang-raya/105719-mos-ajarkan-kepekaan-dan-kepedulian-sosial


0 komentar:

Posting Komentar