Kamis, 30 Juli 2015

PUSAT KERAJINAN KENDEDES - SINGOSARI

    Kabupaten Malang memiliki berbagai macam produk atau kerajinan-kerajinan atau pernak-pernik khas kabubaten Malang yang unik salah satunya di Pusat Kerajinan Kendedes Singosari. Pusat Kerajinan Kendedes Singosari berdiri sekitar 13 tahun yang lalu yang dulunya adalah pusat Pemerintahan yang bernama Kawedanan, dan digunakan untuk kantor kabupaten dan sebagainya. Dan saat terpilihnya Bupati Bpk.Rendra Kresna beliau mempunyai inisiatif agar mengembangkan kerajinan di Kabupaten Malang, akhirnya Pusat Pemerintahan yang bernama Kawedanan tersebut beralih fungsi menjadi Pusat Kerajinan Kendedes Singosari.


       Sejak dibentuknya Pusat Kerajinan Kendedes ini banyak koleksi yang ada seperti hand craft, makanan dan pernak-pernik lainnya, dan yang membuat itu adalah pengrajin dari 29 kecamatan yang ada di kabupaten Malang. Barang yang paling diminati oleh masyarakat adalah peralatan rumah tangga karena selain memiliki nilai kegunakan barang tersebut juga memiliki nilai estetika atau keindahan.

    Bagi yang mempunyai hobi mengoleksi kerajinan tangan mereka akan lebih minat dengan kerajinan yang unik seperti Kap Lampu dari daerah pujon, Sangkar Burung dari daerah Dampit dan harga kerajinan yang dijual beraneka ragam dari yang paling murah Rp. 2.500 seperti Kupu-kupu dari Shuttlecock dan Kap Lampu yang paling mahal dengan harga Rp.350.000.

      Ada Kerajinan yang menarik sekali yaitu tas yang kelihatannya seperti buatan luar negeri ternyata yang membuat adalah pengrajin dari daerah Ngajum dengan bahan kulit asli dan Oscar. Ada juga produk dan kerajinan dari singosari sendiri yaitu seperti Cobek dari batu asli, Topi, Hiasan grauda dan lain sebagainya. Disana terdapat berbagai stand yang menjual berbagai macam kerajinan seperti kerajinan anyaman bambu dari Wonosari dan sandal Klompen dari Dampit yang sudah sampai di ekspor ke Jepang.







1 komentar: