Kamis, 30 Juli 2015

REVITALISASI HUTAN KOTA MALABAR

REVITALISASI HUTAN KOTA MALABAR

Gambar Dikutip Dari : http://www.malang-post.com/kota-malang/105469-revitalisasi-hutan-kota-malabar.html

MALANG – Revitalisasi hutan kota Malabar, mulai dikerjakan. Tahap pertama proses revitalisasi ini adalah dengan pembangunan kantor proyek di dalam area hutan. Dilanjutkan dengan pemasangan pagar seng di sekeliling area hutan. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Erik Setyo S menguraikan, pemasangan pagar seng keliling ini, merupakan tahap awal pengerjaan proyek  revitalisasi ini dilakukan. Rencananya pemasangan seng ini akan dilakukan selama tiga hari. Setelah pemasangan seng, Erik menyebutkan pengerjaan proyek di lanjutkan dengan pemasangan patok-patok. Dia mengatakan, pemasangan patok tersebut ini disesuaikan dengan pola yang telah digambarkan. Tujuannya jelas yaitu memudahkan proses pengerjaan tahapan selanjutnya.

Untuk pembuatan kantor proyek sudah dilakukan kemarin (Selasa). Sekarang pemasangan pagar seng keliling taman. Setelah itu pematokan,’’ katanya kemarin. Revitalisasi Taman Hutan Malabar sendiri dikatakan Erik menggunakan dana Rp 2.5 miliar. Dana pembangunan tersebut tidaklah bersumber dari APBD, tapi bersumber dari corporate social responsibility (CSR)   dari PT Amerta Indah Otsuka. “Target kami 3.5 bulan selesai. Paling tidak akhir Desember mendatang, taman ini sudah rampung, dan bisa dikunjungi oleh masyarakat,,’’ katanya. Dia juga menjelaskan, jika secara konsep taman hutan Malabar ini dipastikan sangat bagus, cantik dan menarik. Itu karena, tidak hanya wajah taman hutan kota ini yang akan berubah. Itu di taman ini juga ditambah dengan berbagai wahana baru. Diantarannya adalah jogging track, amphiteatre, play zone dan  sport area. Dan yang membuat taman ini lebih menarik, juga akan ada banyak rumah pohon.

Disini ada ciri khas, yaitu dibangun rumah-rumah pohon. Sebagai penghubung antar rumah pohon juga dibangun jembatan gantung. Ini menjadi ciri khas hutan kota Malabar, dan tidak ditemui di taman-taman yang lainnya,’’ tambahnya. Taman pohon ini dibangung dengan sangat menarik, sehingga menambah keindahan taman. Pemandangan lebih indah diberikan, dengan adanya danau di bagian tengah taman. Danau tersebut dibangun dengan fungsi resapan,. Kendari tidak dijelaskan ukurannya, yang jelas danau tersebut selain mempercantik pemandangan sekaligus berfungsi sebagai resapan. 
Tidak kalah menarik, menurut Erik taman hutan kota ini juga dilengkapi dengan wahana sepeda statis. Ada beberapa sepeda statis yang disediakan. Sepeda statis tersebut bukanlah sepeda statis biasa. Itu karena, setiap gayuhan yang dilakukan, akan menciptakan atau menghasilkan arus listrik. Tentu saja, arus listrik tersebut dapat digunakan oleh masyarakat.

Dan tidak kalah penting menurut Erik, taman hutan Malabar ini akan dilengkapi dengan sambungan WiFi. Sambungan WiFi sengaja menjadi prioritas, karena dia ingin jika taman ini tidak sekadar sebagai tempat wisata, tapi juga menjadi tempat belajar bagi anak-anak. Disni pengunjung juga bebas berinternetan.(ira/nug)

Berita Dikutip Dari : http://www.malang-post.com/kota-malang/105469-revitalisasi-hutan-kota-malabar.html


0 komentar:

Posting Komentar