Minggu, 09 Agustus 2015

RENDRA APRESIASI PERAN BIDAN KAWAL KELAHIRAN

RENDRA APRESIASI PERAN BIDAN KAWAL KELAHIRAN

KEPANJEN – Bupati Malang Rendra Kresna mengapresiasi tinggi peran bidan dalam membantu kelahiran di Kabupaten Malang. Di momentum HUT ke -64 Ikatan Bindan Indonesia (IBI) yang digelar di halaman di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) kemarin, menurut Rendra merupakan momentum membahagiakan, karena bidan memiliki kontribusi sangat besar dalam membantu mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Bidan kata Rendra, juga memiliki peran untuk menekankan angka kematian ibu dan bayi. “Jasa bidan ini sangat besar karena manusia lahir dengan selamat mayoritas berkat batuan bidan,” pungkasnya.

Sementara itu, memperingati hari ulang tahun ke-64 IBI Kabupaten Malang kemarin menggelar tasyakuran sederhana. Namun, IBI berkomitmen mengawal tumbuh kembang bayi mulai dari kelahiran sehingga terwujud generasi berkualitas.

Ketua IBI Kabupaten Malang, Endah Pujiati mengatakan, IBI akan mengawal persiapan generasi penerus sekarang mulai dari awal kelahiran hingga umur dua tahun. Hal ini sesuai dengan tema HUT IBI, yakni bidan mengawal 1.000 hari pertama kehidupan dalam mewujudkan generasi berkualitas. “Kenapa seribu hari pasca kelahiran ini, karena pertumbuhan otak sangat cepat saat berumur 0 hingga dua tahun,” ujarnya.

Bagi ibu, lanjut dia, yang menginginkan anak cerdas berkualitas bisa ditentukan sejak masa tersebut (0-2 tahun) bahkan juga saat masih dalam proses kehamilan. Caranya dengan memaksimalkan pola makan yang bergizi. “Dan ibu mengandung harus sudah harus kontak langsung dengan dokter atau bidan sejak awal kandungan. Minimal sebulan sekali kontrol medis,” sambung Endah sapaan akrabnya.

Tak hanya sampai di situ, IBI yang kini beranggotakan sejumlah sekitar 1.059 bidan ini terus berperang melawan angka kematian bayi. Data terakhir dari Dinkes hingga awal Juni tercatat sudah ada 81 bayi dan 17 ibu hamil yang meninggal dunia. “Memang tidak dipungkiri kematian baik ibu dan bayi masih cukup tinggi,” katanya.

Menurut dia, masa yang tepat seorang perempuan hamil adalah umur 20 tahun. Karena alat reproduksi sudah matang dan sempurna. “Jika kurang dari umur tersebut biasanya akan mudah terjangkit infeksi,” tukasnya. (zal/lid)

Berita dan Gambar dikutip dari : http://radarmalang.co.id/rendra-apresiasi-peran-bidan-kawal-kelahiran-16868.htm


0 komentar:

Posting Komentar