Jumat, 14 Agustus 2015

UPAYA SDN KEPANJEN 01 MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIDIK, WAJIB ISTIGHOSAH SEBELUM KEGIATAN BELAJAR DIMULAI

UPAYA SDN KEPANJEN 01 MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIDIK, 
WAJIB ISTIGHOSAH SEBELUM KEGIATAN BELAJAR DIMULAI

Suasana SDN Kepanjen 01, sekolah yang terletak di Jalan Kawi Nomor 30 terasa begitu menyenangkan. Saat jam istirahat, siswa-siswi terlihat riang gembira. Ada siswa yang makan bekal makanan, ada juga yang bermain di halaman. Tapi ternyata, ada rutinitas lain yang biasa dilaksanakan di sekolah tersebut.


Setiap jam istirahat, musholla sekolah penuh oleh siswa yang melakukan shalat dhuha berjamaah. Ini menjadi salah satu kebijakan dari sekolah yang sudah dilakukan beberapa tahun belakangan.

Bahkan, sebelum shalat dhuha, tepatnya sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan, siswa bersama gurunya selalu melakukan istighosah. Sebagai penutup, sebelum pulang sekolah, shalat dhuhur berjamaah juga digelar di sekolah.
Berbeda dengan istighosah dan dhuhur berjamaah, khusus untuk shalat dhuha berjamaah baru diterapkan kepada siswa yang duduk di kelas IV sampai VI. “Kebijakan ini kami terapkan untuk membentuk kepribadian anak,” kata wanita yang sudah lima tahun menjadi kasek di SDN Kepanjen 01 ini.

Tiana mengatakan, kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari, ternyata memiliki dampak positif bagi prestasi siswa. Terbukti, beberapa kali, siswa mampu meraih prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Seperti pada lomba Hari Anak Nasional (HAN) beberapa waktu lalu, ada siswa yang meraih juara di bidang menyanyi, menggambar, dan pidato.

Dengan prestasi yang diraih siswa-siswinya, nama sekolah akhirnya ikut terdongkrak. SDN Kepanjen 01 menjadi favorit bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya. Terbukti, pendaftar selalu membludak saat penerimaan siswa baru dibuka.

Lebih lanjut, Tiana mengatakan, sebagai kasek, dirinya ingin melihat SDN Kepanjen 01 terus berkembang. “Saya berkomitmen untuk meningkatkan mutu sekolah dan siswa,” kata dia. Ada beberapa cara yang dilakukan. Mulai dari memberikan tambahan jam belajar, hingga program ekstrakulikuler. (*/muf)

Berita dan Gambar dikutip dari : http://radarmalang.co.id/upaya-sdn-kepanjen-01-membentuk-karakter-anak-didik-wajib-istighosah-sebelum-kegiatan-belajar-dimulai-17055.htm

0 komentar:

Posting Komentar